konsul hasil hsg2

04.02.09

Selasa siang suster di tlogorejo tau-tau nelpon, apa besok (rabu 04.02.09) ada waktu kontrol, soalnya pasien dr fajar ada yang mudur. Trus si suster pas keinget aku, secara kemaren senin abis ketemu pas nganter hsg. Aku bilang iya lah, padahal udah janjian sama heni mo kontrol bareng di hermina besok senin hihihi, maaf ya bu…

Singkat cerita kita dateng jam 1 siang, langsung naro berkas trus cabut makan siang. Antriannya masih nunggu 6 orang, klo 1 orang bisa 20 menit aja berarti ada 120 menit alias 2 jam. Lumayanlah masih bisa makan plus jalan" bentar. Sejam kemudian kita balik, sambil nunggu kita liat" majalah interor, bwat nyuri ide. Jam 4 kurang 10 menitan kita baru masuk, sebelumnya ada pasutri yang kayaknya baru pertama kali periksa, trus gak sabaran nunggu antrian yang laaaaaama bgt.

Begitu di ruang periksa, dr fajar langsung ngecek foto rontgen sambil ngejelasin, letak rahim, saluran kanan, kiri trus tumpahan zat kontras. Habis itu baru lihat pengantar dr radiolognya. "Hasilnya bagus kok, bu…" langsung lega banget begitu dengernya. Kalo dulu 2 saluran non paten sekarang semuanya paten alias udah gak mampet lagi.

Detailnya sih gini :
Kondisi dan bentuk uterus normal
Saluran kiri : dulu tersumbat di bagian pangkal (menurut beliau, harapan lancarnya tipis dibanding kalo yang tersumbat di bagian ujung, jadi beliau minta kita fokus ke yang kanan aja), sekarang malah selancar jalan tol (alhamdulilah…) asumsi beliau sumbatannya ringan jadi ditiup 2 kali udah bersih.
Saluran kanan : dulu salurannya gak lancar trus ada hydrosalphix, yang ini jadi andalan kita semua soalnya kasus mampetnya gak separah yang kiri, sekarang blom ada perubahan yang signifikan, tumpahannya masih kurang (spill -).
Dari hasil hsg terakhir, beliau berasumsi kemaren itu tekanannya masih tinggi banget karena yang kanan blom mau blong, padahal yang kiri udah lancar.

Begitu kabarnya baik semua, aku langsung bilang gak perlu operasi kan dok? Hihihi, main tembak ditempat aja kata suamiku. Dokternya ketawa trus bilang iya, kita tunda dulu aja soalnya kondisi saluran telurnya udah lancar. Alhamdulilah banget, uangnya bisa bwat nambahin DP rumah. (Jadi keinget musti nelpon pak Sihono minggu ini bwat mastiin harga)

Lanjut ke konsultasi dr fajar, bulan depan program penyuburan bisa dimulai lagi. Mens H+3 minum serophene lagi trus H+10 usg telur. Kalo misalnya telur yang dominan di sebelah kanan, padahal saluran yang lancar di sebelah kiri, sarannya pake cara alami aja, tar dihitung perkiraan masa subur trus bikin jadwal coitus.

Kalo misalnya telur yang dominan di sebelah kiri, ada 2 pilihan inseminasi buatan atau alami. Bedanya di harga (pastilah…), sama presentase keberhasilan. Yang alami sama kaya diatas, pake itungan masa subur. Kalo yang buatan, habis mens H+10 disuntik obat hormon yang sekali njus 650rb selama 4 kali, trus waktu inseminasi 36 jam dari suntik terakhir. Total jendral sekitar 6 jutaan. Kelebihannya sih tar pas nyemprotin sperma, selang bisa diarahin ke saluran yang kita mau (klo aku sih yang kiri), presentasenya lebih gede dibanding yang alami. Cuma 6 jutanya itu lo… barusan seneng gak jadi operasi, ternyata insem buatan juga mahal.

Dr fajar sih bilang dipikirin dulu, kan waktunya masih banyak… trus kita juga dikasih jadwal coitus, soalnya ini pas masa subur, sapa tau bulan ini dapet rejeki. Selese konsul aku dikasi resep anti oksidan sama vitamin biar kondisi rahim bagus dan siap bwat diisi.

Alhamdulilah banget, hari ini banyak kabar bagusnya…

3 comments:

Anonymous said...

Ika, kalo menurut aku sih, berhubung alhamdulillah saluran tuba udah lancar, mending alami dulu aja. Trus buat make sure masa subur nya kapan, pake tes kesuburan aja, murah kok, aku baru beli yg merk ovatel sekitar 27ribuan dapet 5 strip, makenya kayak testpack, begitu ada indikasi positif segera "hajar" 24-48jam kedepan. Paling enggak coba metode alami itu 3x siklus dulu sebelum mutusin inseminasi.
Ayo mari kita semangat!!

Unknown said...

kaya'y sih gitu... mau alami dulu, abis mahalnya nauudzubillah. denger" sih dokter yg lain gak nyampe segitunya, mo minta pindah tp aku uda mantep sama yg ini, cuma duitnya aja yg gak mantep. rencana kamu oke juga, nunggu dulu 2-3 siklus. pul kantor mo langsung beli ovatel dulu...

Anonymous said...

iya bu, coba pake tes kesuburan nya di perkiraan masa subur (siklus ika berapa hari?), soalnya temenku berhasil pake metode itu setelah 3x siklus. mudah2an kita berhasil juga ya.

Post a Comment