naik - naik ke puncak gunung (hari 3)

23.11.08

Jam 3.30 tet, alarm dari 2 HP udah teriak-teriak. Kita bangun sambil kedinginan, secara selimut yang disediain kurang tebel, padahal kita uda pake kaos kaki. Nyampe di luar hotel ternyata uda rame banget, penghuni hotel pada ngumpul di depan resto sambil nunggu diberangkatin dan mereka semua pada make jeep. Ternyata cuman kita b2 yang milih pake ojek. Jam 4.15 kita baru berangkat ke penanjakan bwat liat sunrise.

Perjalanan dimulai di loket pos wisata Bromo, seperti biasa harga tiket yang tertera gak sama dengan uang yang dibayar. Trus jalan mulai turun terus menuju lautan pasir. Sampe di kaki bukit kita mulai nyebrang lautan pasir, untungnya lagi musim hujan jadi pasir yang beterbangan gak terlalu banyak tapi dinginnya tetep aja... Momen kayak gini yang bikin nyesel milih ojek daripada jeep. Di tengah padang pasir ada aja beberapa anak muda yang pasang tenda sambil nginep disitu. Bromo juga kelihatan jelas dan bisa dibilang kabutnya tipis banget. Sampe di ujung lautan pasir, perjalanan mulai naik ke lokasi view point penanjakan, tempat yang sempurna bwat liat matahari terbit. Nah, perjalanan naik ke view point itu seru banget. Berhubung kita pake ojek jadi lebih lancar jaya, malahan di tengah-tengah perjalanan ada jeep yang mogok. Ternyata pilihan kita pake ojek gak salah... Sayang banget sekarang itu bukan waktu yang bagus bwat liat matahari terbit. Bulan yang paling sempurna itu Agustus, hampir dipastiin setiap hari sunrisenya jelas dan gak tertutup kabut.

Setelah 1 jam kita nunggu matahari terbit tapi gak nongol-nongol, kita turun terus sempet berhenti di beberapa tempat bwat foto”. Tujuan selanjutnya kita berhenti di pura, trus naik kuda ke kaki gunung bromo baru abis itu jalan kaki naik 215 anak tangga. Sampe di atas, kita poto-poto sambil istirahat, abis rugi naiknya kan capeeeeek banget, masa langsung turun. Yang seru di Bromo, ada ojek gendong !! iya, ojek gendong naik tangga ke Bromo trus turun lagi. Tapi khusus bwat anak kecil, dan kayaknya 1 paket sama ojek kuda.

Puas foto-foto kita turun trus ngelanjutin ke bukit teletubies. Sebenernya ini cuma padang savana biasa, tapi kontur tanahnya berbukit-bukit mirip setting teletubies, makanya lebih dikenal bukit teletubies. Waktu perjalanan balik ke hotel sempet juga ditunjukin lokasi syuting pasir berbisik. Menurut info dari mas ojek, kalo musim kemarau motor engga berani lewat padang pasir, bakalan selip sepanjang jalan. Ini aja motorku uda beberapa kali mo jatuh gara” roda belakang kejebak pasir.

Nyampe di hotel, kita langsung sarapan, mandi trus check out. Transportasi bromo – probolinggo sama susahnya seperti probolinggo – bromo. Intinya kalo penumpang engga berjubel engga bakal berangkat. Gara-gara kita engga pesen duluan, alhasil kita gak dapet tempat. Angkot yang ada masih kosong melompong, dan kita nunggu 15 menitan. Berdasar pengalaman kemaren, akhirnya kita nego ke supir bwat bayar 150 rb tapi langsung berangkat.

Dari terminal probolinggo, kita langsung nail bis ke surabaya yang paling cepet berangkat. Biarpun ekonomi, kita tetep naik aja. Toh cuman 2 jam perjalanan, jadi gak terlalu pengaruh juga. Malah lebih enak pake ekonomi, secara kita abis kedinginan di bromo jadi klo ketemu yang anget lumayanlah...

Di terminal Purabaya atau yang lebih terkenal Bungurasih Surabaya, kita jalan dulu ke luar terminal trus naik taksi ke rumah mbak Ita di daerah Pabean asri. Ternyata kita dapet supir taksi baru, jadi sempet nanya-nanya mulu di sepanjang jalan, biar udah dpandu online sama empunya rumah. Kelar kangen-kangenan ma makan malam kita langsung bobo, soalnya blom ketemu mas Ray yang kebetulan lagi turun kapal.