naik - naik ke puncak gunung (hari 2)

22.11.08

Keuntungan dari telatnya bis semalem adalah kita nyampe Probolinggo pas matahari udah terang benderang. Untungnya lagi kita satu’nya penumpang dari Semarang tujuan Bromo, dan para awak bus itu jadi sumber informasi plus guide dadakan. Jadi begitu mo nyampe terminal kita diminta turun di depan terminal, trus ditunjukin angkot yang ke bromo.

Meski probolinggo pagi itu gak dingin, tapi dinginnya ac bis masi berasa banget, jadi kita mutusin mampir ke warung dulu bwat sekedar minum teh anget sama numpang pipis. Sedikit oleh-oleh dari dinding kamar mandi di warung makan depan terminal Bayu Angga Probolinggo.


Dari hasil interview sama supir angkot bromo, satu kali perjalanan probolinggo – bromo butuh solar 150.000 (per liternya 5.500) trus setorannya 90.000, makanya kita maklum banget klo mereka nunggu sampe penumpangnya engga cuman full tapi berjubel. Kapasitas mobil elf 11 orang, waktu itu diisi hampir 16 orang, untungnya kita penumpang pertama dan dapet kursi di depan.


Sepanjang perjalanan kita cari informasi tentang harga hotel di sekitaran bromo, akhirnya berdasar modal gogling sama rekomen dari mas supir kita mutusin untuk nginep di hotel cemara indah. Biarpun termasuk bangunan lama lokasinya bersebelahan langsung sama lautan pasir, apalagi ada tempat nongkrong yang nyaman. Kalaupun kita gak sreg sama hotel ini, mas supir mau nganter ke hotel mana aja sampe kita sreg, maklum mereka dapet komisi dari hotel klo kita nginep disitu.

Untuk harga 200 ribu fasilitas yang ditawarin tempat tidur double, kamar mandi dalam, water heater, sarapan, yang gak ada cuma TV. Malah bagusan gitu, jadi malem kita bisa istirahat total, gak kegoda nonton film. Waktu check in kita langsung pesen transport bwat bsk pagi. Kalo pake sharing jeep 100rb/orang, ojek 75rb/orang tapi rutenya cuma hotel – penanjakan – pura – hotel. Padahal kita pengen ke padang savana ”bukit teletubies”, akhirnya mas Bagio nyaranin pake ojek aja. Secara kita cuman berdua aja, klo pesen jeep abis 450rb. Kelar urusan check in kita jalan kaki di seputaran hotel sambil cari warung bwat makan siang. trus nongkrong di depan resto hotel.

Abis maghrib pengennya sih jalan-jalan lagi tapi kog ya dingin banget ya... Padahal udah masuk musim ujan, jadi anginnya gak bakal sedingin musim kemarau. Alhasil kita numpang liat tv di lobi sambil ngobrolin rencana jalan besok pagi. Kelar makan malam, jam 8 kita langsung masuk kamar trus bobo, persiapan bwat bsk subuh.

Expenditure (per person)
elf kecil probolingggo – bromo 25.000 idr
hotel cemara indah 200.000 idr
Ojek penanjakan – pura – padang savana 150.000 idr

0 comments:

Post a Comment